Belajar Tuhfatul Athfal Sejak Kecil, Why Not?

Tuhfatul Athfal adalah nama sebuah kitab yang dijadikan rujukan dalam ilmu Tajwid. Kitab ini ditulis oleh Syaikh Sulaiman Al-Jamzury dari Mesir. Dalam kitab ini terdapat 61 bait syair yang indah yang berisikan kaidah-kaidah dasar ilmu tajwid untuk pemula. Di negara asalnya kitab ini dipelajari oleh anak-anak kecil, itulah kenapa judulnya Tuhfatul Athfal yang berarti “hadiah untuk anak-anak”.

tuhfah

Di Indonesia, masih jarang sekolah-sekolah Islam yang mengajarkan materi Tuhfatul Ahtfal ini di jenjang Taman Kanak-Kanak. Bahkan di TK yang menisbatkan diri sebagai TK Al-Qur’an atau TK Tahfizh sekalipun.  Kami di TAUD SAQU baik Pusat maupun Cabang sudah mengajarkan materi ini kepada para siswa. Dari mulut-mulut mungil mereka , setiap hari sudah melafalkan nadzom-nadzom matan Tuhfatul Athfal ini dengan riang gembira. Meski Bahasa Arab bukanlah Bahasa Ibu bagi mereka, tapi ternyata lisan mereka sangat mudah dalam menghafalkannya.

Di TAUD SAQU ZIDNA ILMA, kami tidak sekedar menargetkan jumlah hafalan semata.  Cara membaca dengan benar juga kami perhatikan. Oleh karena itu menjadi nilai plus ketika kami telah mengajarkan kitab Tuhfatul Athfal ini kepada anak-anak.

Materi yang ada di dalam Kitab Tuhfatul Athfal ini antara lain :

  1. Hukum Nun Sukun dan Tanwin
  2. Hukum Nun dan Mim bertasydid
  3. Hukum Mim sukun
  4. Hukum Lam dan Alif Lam dan Lam Fi’il
  5. Mitslain, Mutaqaribain dan Mutajanisain
  6. Jenis Mad

Dengan mempelajari Tuhfatul Athfal sejak dini diharapkan  akan menjadikan dasar bagi mereka untuk kelak lebih mendalami ilmu Al-Qur’an / qiro’ah dengan baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *