Sekilas Tentang TAUD SAQU ZIDNA ILMA

“Siapa saja membaca Al-Qur’an, mempelajari dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orangtuanya pada hari kiamat makhota dari cahaya dan sinanya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orangtuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingin oleh dunia (HR Al-Hakim)

Tahfizh Anak Usia Dini Sahabat Qur’an (TAUD SAQU) adalah salah satu layanan pendidikan Islamic Centre Wadi Mubarok yang menyasar usia dini dan berkonsentrasi pada tahfizh Al-Qur’an dan pembinaan Akhlak Qur’ani. Harapannya Al-Qur’an menjadi nilai utama dalam tumbuh kembang usia dini yang akan menjadi bekal penting saat dewasa nanti.
TAUD SAQU ZIDNA ILMA adalah merupakan cabang dari TAUD SAQU yang ada di Islamic Centre Wadi Mubarak yang memiliki Visi, Misi dan Kurikulum yang sama .

VISI

Menjadi lembaga pendidikan tahfizh anak usia dini yang mampu mencetak generasi penghafal Al-Qur’an dan berakhlak Al-Qur’an dengan Manhaj Ahlussunah.

MISI

  1. Menumbuhkan kegemaran dan kebiasaan membaca dan menghafal Al-Qur’an.
  2. Membekali amalan praktis harian sesuai tuntutan Islam lewat pemahaman dan pengamalan hadits dan dzikir harian serta praktek ibadah.
  3. Mengentaskan buta huruf Al-Qur’an sejak usia dini.
  4. Menanamkan Akhlaqul Karimah dalam berinteraksi dengan orangtua, teman dan masyarakat.
  5. Menggali dan mengembangkan potensi belajar anak melalui pengajaran Al-Qur’an.
  6. Membudayakan tradisi belajar Islami.

📚 MATERI & PROGRAM PENDIDIKAN

A. Baca Al-Qur’an
Menerapkan metode mutakhir dari Mesir “At-Tibyan” yang sudah diterapkan di beberapa Negara Arab, Afrika, Mauritania, India, Pakistan, Malaysia, Australia , Perancis dan Amerika.
B. Tahfizh Al-Qur’an
Ini merupakan menu utama berupa menghafal Al-Qur’an dengan metode khas yang cocok untuk usia dini. Menekankan pada kualitas hafalan (kemutqinan) dan kekuatan muroja’ah.
C. Aqidah dan Akhlak (Hadits, Dzikir & Doa Harian)
Materi-materi yang berkaitan dengan pemahaman tauhid dan karakter islami pada diri anak melalui materi hadist, dzikir dan doa harian.
D. Praktik Ibadah
Materi penguasaan praktik ibadah sehari-hari bagi anak berdasarkan tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah dengan pemahaman generasi Salaf.
E. Adab Qur’ani
Pengenalan dan pembiasaan adab-adab hidup sehari-haro sesuai tuntunan Al-Qur’an.
F. Outing Kegiatan di Luar Sekolah
Berupa kegiatan edukatif dan menyegarkan seperti olaharaga berenang, panahan , fun cooking dan lain-lain.
G. Pengenalan Konsep Calistung
Mengenalkan dasar-dasar membaca, menulis dan menghitung untuk usia pra sekolah sebagai modal persiapan menuju jenjang sekolah dasar.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *