Materi Quiz Zidna Ilma (QuiZI) Pekan 3

Resume Siroh Nabawiyah #1 – Mukadimah – Ust. Dr. Firanda Andirja, Lc, M.A.

Part 2

Kenapa kita harus mempelajari Siroh Nabi shallallahu alaihi wasalam :

  1. Siroh Nabi merupakan bagian dari agama, banyak ayat-ayat Alquran yang tidak bisa kita pahami dengan baik kecuali jika kita mempelajari siroh Nabi Shallallahu Alaihi Wasalam.
    Misalnya ayat-ayat dalam surat Ali Imran, yang membahas dan mempelajari perang Uhud. Jika kita tidak mempelajari Siroh Nabi maka kita tidak bisa menghayati maksud dari ayat-ayat tersebut.
  2. Karena Allah lah yang menyuruh kita meneladani dan mencintai Nabi Shallallahu Alaihi Wasalam lebih dari yang lain.
    Allah berfirman yang artinya: “Sungguh pada diri nabi ada teladan yg baik untuk diri kalian”.
    Allah yang mengatakan Nabi Shallallahu Alaihi Wasalam adalah teladan. Jadi bagaimana kita bisa meneladani beliau jika kita tidak mempelajari tentang perjalanan hidupnya.

Dan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasalam pun bersabda : ‘tidak akan beriman salah seorang dari kalian sampai aku lebih dia cintai daripada ayahnya, orang tuanya, anak-anaknya dan juga dari seluruh manusia, aku yang harus lebih dia cintai’

Dalam suatu hadist Ada orang Arab Baduy bertanya kepada Rasulullah : kapan hari kiamat? Rasulullah tentu tidak tau. Waktu Jibril pun bertanya kapan hari kiamat itu : Rasullullah pun menjawab: yang ditanya pun sama seperti yang bertanya, artinya sama-sama tidak tahu.
Kemudian Rasulullah kembali bertanya kepada si Arab Baduy : apa yang kau siapkan untuk hari kiamat tersebut :
Jawab si Arab Baduy : ya Rasulullah saya persiapkan diriku untuk bertemu hari kiamat, saya solat, tapi solat ku tidak banyak, saya puasa puasa sunnah ku tidak banyak, saya sedekah tapi sedekahku tidak banyak, tapi saya cinta kepada Allah dan Rasul Nya.
Maka Rasulullah berkata : engkau akan dikumpulkan bersama orang yang engkau cintai.
Jika engkau sungguh mencintai Rasulullah dengan cinta yang benar maka engkau akan dikumpulkan dengan Nabi Shallallahu Alaihi Wasalam dan bisa menjadi bekal seseorang untuk bertemu dengan Allah subhanahu wa ta’ala pada hari kiamat.

Untuk mencintai seseorang ada 2 hal yang bisa membuat kita mencintainya :

  1. Yaitu karena orang tersebut memang indah atau mulia dari DzatNya. Nabi Shallallahu Alaihi Wasalam akhlaknya yang sangat mulia, sehingga jika kita tahu akhlak beliau kita akan semakin mencintai Nabi Shallallahu Alaihi Sasalam.
  2. Diantara hal lain nya adalah kita perlu mengetahui jasa dari orang yang kita cintai, kita harus tau jasa Nabi shallallahu Alaihi Wasalam kepada kita.

Oleh karenanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasalam bersabda : ‘Salinglah kalian memberi hadiah maka kalian akan saling mencintai’. Karena dengan saling memberi biasanya kita akan mengingat jasa-jasa orang yang sudah banyak memberikan kepada kita. Semakin orang berjasa kepada kita biasanya kita akan semakin cinta kepada orang tersebut.

Dan jasa yang paling besar dalam hidup kita ini adalah jasanya Rasulullah shallallahu alaihi wasalam, saat kita kita mengingat perjuangan nabi, dimusuhi, diusir dari kampungannya, di sakiti agar kita dapat merasakan indahnya Islam saat ini. Dimana Nabi shallallahu alaihi wasalam selama hidupnya tidak pernah beristirahat dalam berdakwah agar kita dapat meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Maka karena itulah jasa nabi ini lebih besar dari jasa orang tua kita, dari sinilah kita harusnya lebih paham sabda Rasulullah untuk lebih mencintai beliau dibandingkan dari yang lainnya, atau dirimu sendiri.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *