Materi Quiz Zidna Ilma (QuiZI) Pekan 2

Resume Siroh Nabawiyah #1 – Mukadimah – Ust. Dr. Firanda Andirja, Lc, M.A.

Part 1

Pembahasan ini adalah tentang Sosok yang paling mulia yang diciptakan Allah diatas muka bumi ini, beliau adalah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasalam
Siroh ini bersandar pada hadist-hadist yg shahih. Akan tetapi jika hanya disandarkan pada hadist shahih saja maka rangkaian siroh akan ada yang terputus, atau tidak sempurna. Oleh karena itu untuk melengkapi kekosongan dari rantai yg terputus itu terkadang kita bersandar pada hadist-hadist yg lemah, karena terkadang didalam hadist yg lemah tersebut ada perincian yg lebih dalam tentang siroh Nabi Shallallahu Alaihi Wasalam.


Akan tetapi tidak semua hadist yang lemah bisa kita pakai untuk siroh Nabi Shallallahu Alaihi Wasalam, ada persyaratannya, diantaranya adalah : hadist yang lemah tersebut tidak boleh terlalu lemah, hadist lemah tersebut tidak boleh bertentangan dengan hadist-hadist yang shahih, hadist lemah tersebut tidak boleh dijadikan sandaran untuk menumbuhkan atau menimbulkan hukum atau akidah yang baru.

3 keistimewaan Siroh Nabi Shallallahu Alaihi Wasalam dibandingkan dengan siroh-siroh yang lain

  • Siroh Nabi Shallallahu Alaihi Wasalam diriwayatkan dengan sanad-sanad yang bisa dipertanggung jawabkan jadi keotentikannya / keasliannya bisa dipertanggung jawabkan. Sehingga dari sanad bisa di cek kebenaran ceritanya.
    Dan secara Umum ke istimewaan Islam dibanding agama lain, yaitu Islam sampai ke kita yaitu dengan sanad. Dimulai dari sanad Al Fulan, Al Fulan, Al Fulan sampa dengan ke Rasulullah Shallalahu Alaihi Wasalam. Dan ini tidak kita dapatkan di siroh2 nabi yg lain

Misalnya seperti siroh Nabi Isa Alaihisalam, kita dapatkan siroh nya dari injil-injil, akan tetapi didalam injil-injil tersebut tidak ada sanadnya, yang bisa membuktikan keotentikan siroh Nabi Isa Alaihisalam. Terlebih tentang Nabi Musa Alaihisalam yang dalam siroh nya sama tidak ada sanadnya sama sekali

  • Siroh Nabi Shallallahu Alaihi Wasalam lengkap, bukan hanya setelah nabi dilahirkan akan tetapi bahkan sebelum nabi dilahirkan, seperti misalnya tanda-tanda Allah akan menurunkan nabi yg terakhir, sampai nabi wafat semua lengkap diceritakan. Akan tetapi, pada siroh Nabi Isa Alaihisalam atau Nabi Musa Alaihisalam tidak diceritakan secara lengkap bagaimana masa muda nya.

  • Siroh Nabi Shallallahu Alaihi Wasalam, seluruhnya cerita kehidupan beliau adalah teladan dari segala sisi. Baik sebagai suami, ayah, pemimpin negara, sahabat, pejuang, beliau adalah teladan terbaik.
    Dan kita bisa mencontoh Rasulullah dari dari segala aspek kehidupannya. Sedangkan misalnya dari Nabi Isa Alaihisalam tidak kita dapatkan dari beliau contoh sosok ayah atau pun suami yang baik.

Dan Allah pun memuji Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasalam dalam firman Nya ‘sesungguhnya engkau berada diatas perangai yang agung’ dan Allah bersumpah demi Umurnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasalam seperti dalam surat Al Hijr yang menceritakan kisah Nabi Luth Alaihisalam. Akan tetapi, mengapa Allah bersumpah demi Umurmu wahai Muhammad Shallallahu Alaihi Wasalam?. Dan tidak pernah Allah bersumpah dengan kehidupan seseorang kecuali dengan kehidupan Muhammad Shallallahu Alaihi Wasalam. Itu karena disetiap usia beliau adalah teladan. Tidak umur Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasalam yang terbuang sia-sia.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *